⎷⎛⎝⊙⏝⏝⎲⎠

____________

Tuesday, October 11, 2011

Sejarah terciptanya "JANCOK"

"Jancok!" kata ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita,apalagi yang mempunyai teman 'jancoker' (pemisuh handal) atau kamu mungkin sudah menjadi 'jancoker sejati' (pemisuh ulung),yang jika sehari tidak memakai kata ini lidah serasa... gimana gitu. :-).
Lantas apa arti sebenarnya yang terkandung dari kata 'jancok' ini,dan bagaimana asal mulanya terbentuknya kata ini atau bahasa kerennya 'sejarah jancok'.hehehe...


Jancok atau dancok adalah sebuah kata khas Surabaya (entah siapa penciptanya) yang telah banyak tersebar hingga meluas ke seantero Indonesia bahkan sudah mendunia. Warga Jawa Timur seperti Surabaya, Malang dll turut andil dalam penyebaran kata ini.

Jancok berasal dari kata 'encuk' yang memiliki padanan kata 'bersetubuh' atau 'fuck' dalam bahasa Inggris. Berasal dari frase 'di-encuk' menjadi 'diancok' lalu 'dancok' hingga akhirnya menjadi kata 'jancok'.

Ada banyak varian kata jancok, semisal jancok, jancuk, jiancok, dancuk, dancok, damput, dampot, diancuk, diamput, diampot, diancok, mbokne ancok (motherfucker), cok= shit (akronim dari kata 'jancok'), jangkrik, jambu, jancik, hancurit, hancik, hancuk, hancok, dkk. Kata jangkrik, jambu adalah salah satu contoh bentuk kata yang lebih halus dari kata jancok,lebih sopan dikit kali yah,walaupun sama sekali ga' sopan.

Makna asli kata tersebut sesuai dengan asal katanya yakni 'encuk' lebih mengarah ke kata kotor bila kita melihatnya secara umum. Normalnya, kata tersebut dipakai untuk menjadi kata umpatan pada saat emosi meledak, marah atau untuk membenci dan mengumpat seseorang.referensi

Namun,sejalan dengan perkembangan zaman,berkembang pula kata 'jancok' dkk ini,kata-kata ini sudah menjadi menu sehari-hari pemakainya (jancoker).

kata-kata ini sudah tidak asing bagi kita (khususnya di jawa timur) karna kata 'jancok' ini sering terdengar di kalangan muda-mudi,entah di jalan raya,taman hiburan,bahkan tempat belajar.pemakainya juga beragam dari yang tua,muda,anak kecil,bahkan anak di bawah umur.

Kata'jancok' ini pun sudah tak seseram (sejorok) arti aslinya,karna kata ini sudah menyebar,dan kata ini sudah menjadi pengganti dari kata 'rek' 'des' (bedes:monyet) 'boy' 'men' 'cuy' dan kata panggilan keakraban lainnya,karna pemakainya sudah memakai kata ini dalam situasi apapun,dan korbannya (yang di pisui) juga tidak emosi dan marah,karna kata-kata ini sudah menjadi khas anak jaman sekarang.
bahkan temanku yang tidur juga pernah ngigau kata 'jancok'.

Ex: "piye kabare cok?".
"uuueelek.. kowa kowo kon cok!"(karangan fajar.a).
atau ketika pemakainya terkejut
"Oo jancok.. tak enteni malah ngeseng nang kene"
"Oalah cok! tibak'no kon seneng cemani".
"ayo ngopi cok!"
(dilarang keras meniru kata" ini!!.dosa di tanggung pemakai) :-P

Walaupun kata-kata ini tidak baik (ga' ilok),tapi kata-kata ini enak di ucapin walau ada yang bilang itu dosa (tergantung niat kali yah?).

Tulisan ini hanya sekedar mengulas asal usul dan sejarah terciptanya kata 'jancok',bukan ngajarin kita untuk memakai kata-kata buruk (tapi indah) ini.
Intinya kata 'jancok' itu kadang kata PERSAHABATAN dan kadang pula kata PERMUSUHAN tergantung dari kaca mata apa kita melihatnya.

PERHATIAN:perbanyak baca istighfar setelah baca tulisan ini :-P

1 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More